Arsip Kategori: teknologi

Belajar Menghargai Foto Karya Orang Lain dari Pramac Racing

Assalamualaikum warohmatullohi wa barokaatuh.

image

Pemakaian gambar,dalam sebuah artikel blog tentunya adalah sebuah kewajaran.Hampir mendekati wajib hukumnya malahan.Selain buat mempercantik tampilan,fungsi gambar adalah untuk mempermudah penyampaian informasi terkait apa yang ditulis dalam artikel tersebut.Apalagi jika gambar itu tak cuma ilustrasi,atau sekedar foto pendukung semata,namun sudah menginformasikan beberapa data-data seperti tabel,diagram atau grafik yang menginformasikan apa yang susah dijelaskan lewat tulisan.

Pada suatu ketika,saya menemukan hal unik di twitter.Adalah akun @MotofamilyGP yang disemprot,eh ditegur oleh akun @pramacracing ( akun resmi dari Pramac Racing MotoGP ).Penyebabnya,gambar yang diunggah oleh akun @MotofamilyGP itu ternyata tidak disertai credit ( keterangan ) yang menunjukkan pemilik foto aslinya.Terlebih lagi pihak @MotofamilyGP juga mencolek pembalap yang bernaung di tim Pramac Racing,Daniel Petrucci lewat akunnya @Petrux9 (hehehe,lucu juga ya nama akunnya malah mirip nama tokoh punakawan berhidung mancung yang sering buat ejek-ejekan : Petruk :mrgreen: ).Langsung saja ditegur deh,supaya mencantumkan keterangan bahwa foto tersebut hasil karya dari Alex Farinelli dari falephoto.com dan kepunyaan dari Pramac Racing Team.Mungkin mas Alex tersebut adalah fotografer resmi yang direkrut tim Pramac Racing MotoGP sebagai bagian dari tim dokumentasi (asal nebak ajah ).

image

saat sebuah akun ” t e r c y d u k” oleh yang punya

Sebenarnya pihak @MotofamilyGP juga tidak begitu salah sih (menurut saya,suyektif).Dalam diskusinya,mereka mengaku mendapatkan foto tersebut dari berselancar di internet.Tanpa ada informasi soal pemilik dan pembuat sebelumnya.Jadi istilahnya ya download ,terus dikira-kira menarik langsung diunggah lagi…ya,seperti saya lah,wkwkwk..Pokoknya yang kira-kira fotonya mantab jiwa langsung deh di-sharing tanpa disaring dulu…

Rupanya,pihak Pramac Racing sendiri,juga menulis peringatan yang serupa soal penggunaan foto property ( hak milik ) mereka kepada setiap situs jejaring / situs web,akun TW ( apa ya ini?Twitter kah? ) dan instagram yang mereka temukan.Sehingga bukan hanya akun yang satu itu saja,benar-benar bekerja akhirnya divisi komunikasi mereka,xixixi.Alasannya,mereka berusaha untuk menghindari pemakaian watermark (tanda air ) yang biasa dipakai dipakai untuk menandai suatu gambar agar tidak diklaim sebagai kepunyaan orang lain.Biasanya hal ini buat yang utama sih,untuk keperluan ekonomi dan faktor hukum jika digunakan pihak tidak bertanggungjawab.Pemakaian watermark apalagi yang gedhenya naudzubillah di tengah gambar,tentu saja merusak nilai keindahan gambar tersebut.Jadi ya,aslinya pihak Pramac Racing sudah berbaik hati,mereka cuma pesan agar menyertakan sumber darimana asalnya saja.
Menarik memang.Kejadian ini cukup menyadarkan saya soal etika di dunia maya.Meskipun tidak seekstrim beberapa orang yang sengaja menaruh watermark diatas gambar orang lain,atau meng- crop gambar orang lain pas di watermark asli ( lalu ditambahi watermark baru miliknya ).Akan tetapi sering sekali mengambil gambarnya orang lain terus diunggah…Semoga lekas sembuh sayanya….

image

Foto asli karya Alex Farinelli ( @FAlex79 / falephoto.com ) punya Pramac Racing Team MotoGP.Keren memang,menampilkan gambar udara yang dibiaskan oleh asap yang muncul dari Ducati milik Daniel Petrucci.

Beruntung kalau cuma ditegur.Lha misal kalau dituntut lewat pengadilan,kan bisa bertambah repot nantinya.

Semoga bermanfaat.

Wassalaamualaikum warohmatullohi wa barokaatuh.

Iklan

Enaknya Download Video di Facebook atau Youtube lewat UC Browser Windowsphone 8

Assalamualaikum wr.wb

Salam olahraga,semoga kesehatan senantiasa tercurah kepada anda sekeluarga di bulan penuh barokah kali ini.

Nah,berhubung saya masih pakai hape ketinggalan jaman di era sekarang ini,marilah kita lihat trik terbaru namun lama dari Windowsphone punya Microsoft yang semakin kaya karena banyak paten yang tersemat di handphone Android anda.Benar-benar koclok bin menggedubrasbrul bukan,punya sistem sendiri kurang diurus malah nyari kekayaan lewat sistem operasi platform tetangga yang mendunia.

Okelah kalau begitu.Demi meningkatkan kebarokahan di bulan ini tentunya anda sering merasa kurang afdhol bukan,ketika ada video tausiyah,atau video tentang cara sholat cuma sekelebat tampil di Facebook anda…apalagi buat yang pakai android,ah,bagaimana cara mendownloadnya ustadz,begitu yang sering tertampil di komentar.Tentunya sih,bisa saja anda pakai aplikasi video downloader.Tapi ya kerja dua kali kan.

Nah,di Windowsphone ini,ternyata ada UC Browser gan.Dalam mode normal,ketika anda buka halaman Facebook yang memuat video,ada ikon biru kamera ditengah bawah.Dimana ketika anda pencet akan mengarahkan mau diapakan video tersebut.Bisa anda tonton offline-yang artinya tersimpan,bisa di memori hp atau kartu.Atau langsung streaming online…

Berlaku juga buat Youtube.Meski buat yang kategori VIVO tak bisa didownload sih.

Bagaimana dengan mode cepat?
Nah,di mode ini hampir sama jika di Facebook.Bedanya,kalau di mode cepat,notifikasi tonton offline atau online terjadi ketika gambar video yang dishare dipencet.Sedangkan Youtube nya ga bisa.

Mudah bukan…

Semoga kepingin..

Wassalamualaykum wr.wb

Posted from WordPress for Windows Phone

Hmm,Ternyata Begini To Hitungan Dari Share Facebook Pada Sebuah Artikel di WordPress

Assalamualaikum wr wb

Salam satu jiwa,One Heart Semakin Terdepan dalam Nyalakan Nyali..

Sebenarnya sih ini proyek iseng..Proyek?Apalagi makanan itu..Wong cuma ngitungin aja..Bagi sampeyan yang ngaku seorang blogger sangat tidak asing dari fungsi tombol “share” alias “bagikan” pada sebuah artikel blog,khususnya di WordPress.Terlebih bagi penganut jamaah jemurilah,dimana media sosial Facebook merupakan salah satu unsur pokok rukun wajib.Semakin banyak dijemur,semakin banyak angka yang tertera pada ikon FB itu..Wah,artikel tulisanku sudah di-share oleh banyak orang nih,banyak yang suka terus dengan sukarela membagikannya di wall/beranda fesbuk masing-masing..Paling tidak begitu pikir saya dulunya.

Benarkah hal tersebut?

Nah,meski saya bukan seorang blogger,cuman komentator yang kebetulan punya blog,maka dalam rangka mencari sebuah pembuktian,akhirnya saya iseng-iseng menghitung.Artikel yang jadi proyek percontohan,adalah artikel nglembur nyari tiket kemarin.

share Facebook

Terlihat angka 23 eh 25 ding ya pada Facebook …maaf ya :mrgreen:

Bisa disaksikan dengan seksama dalam tempo yang sesingkatnya,angka yang tertera di fitur bagikan,Facebook mendapatkan 23.Wow,ternyata keliru saudara-saudara..cuma dua puluh lima ternyata,xixixi…

Sedangkan saya yakin baru menjemur di beranda akun Facebook dengan membuat sebuah status berisi link artikel sekali.Mendapat like Facebook 2 kali.Dan ketika iseng menghitung semua komentar di status buat jemuran link artikel tadi,dengan ditambah 3 (1 dari bikin status berisi link artikel,ditambah 2 dari like),ternyata pas menghasilkan 25…

Hmm,ternyata begitu ya.Angka yang tertera di fitur bagikan lewat Facebook itu,merupakan hasil penjumlahan dari segala yang terjadi jika sebuah artikel dibagikan lewat status FB.Artinya,ketika ada yang berkomentar,memberikan like pada sebuah status Facebook,semuanya dihitung.Jadi bukan sekedar cuma dibagikan lewat status semata yang dihitung..

Jadi,misal ada bagikan facebook 100 yang tertera di artikel wordpress,bisa jadi ada 3 status berisi link yang dijemur.Status pertama misal dapat 17 like dengan komentar sebanyak 2 kali.Status kedua,misal di sebuah grup,ada 49 komentar dengan 29 like.Sedangkan jemuran yang satunya ga direspon,ga ada komentar ataupun like..

Nah,paham kan,kenapa artikel bisa nyampe 1000an share?Yah,dengan 4000-an lebih teman fesbuk ditambah member puluhan grup,dari hitungan diatas ya bisalah..Apalagi kalau jemurannya mengandung umpan buat bakar-bakaran,lewat komentar…xixixi…

Ampun mbah…

Semoga menambah pengetahuan yang tiada cukup berguna ini.

Kalau pun anda tidak percaya,silahkan dihitung sendiri ya..

Wassalamualaikum wr.wb

Posted from WordPress for Windows Phone

Pengalaman Nglembur Nyari Tiket Kereta Api Lebaran Via Online : Gagal Total !!!

Assalamualaikum wr.wb

Salam jumpa,salam olahraga.Semogaa kesehatan selalu menyertai anda dan sekeluarga.

Dalam kesempatan kali ini saya mau berbagi soal pengalaman nglembur buat nyari tiket kereta api lebaran untuk tahun 2016 ini,tentunya lewat online.Yah,lewat internet sebagaimana tren dewasa ini,apa saja bisa dipesan lewat daring dunia maya.Dari tiket,pesan ojek,belanja sampai nyari kopi lanang Temanggung juga bisa.Bagaimana hasilnya?Gagal total pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu.Mengingat musuhnya pada malam tadi (yang pesan buat tanggal 2 juli 2016-hot seats gan…) terlalu kuat..tak sanggup lumpia 520 yang cuma 512 MB RAM ikut menembus blokade server yang kelabakan..Oh ya,sudah tahu kan ya,jika tiket kereta api reguler ataupun lebaran bisa dibooking 90 hari sebelumnya..

Kronologinya begini:

-tepat jam 00.00 mencoba masuk lewat situs tiket kereta api resmi,via UC browser..Hasilnya,situs langsung menampilkan peringatan Anda Sedang Dalam Sistem Antrian,dimana harus mengeklik beberapa tautan untuk memecah trafik sepertinya..Artinya dari satu jalan,menjadi tiga jalan tautan.Dan koplaknya,semuanya tiada tembus,error terus…

tiket.kereta-api.co.id uc browser

Anggap saja ini versi UC browser,meskipun ini adalah skrinsot dari Opera Mini

-balik kanan,coba lewat aplikasi kereta api access.Coba mengklik-klik,Ya Alloh..langsung muncul peringatan koneksi internet buruk..padahal sebelumnya lancar-lancar saja..Sambil ngawur tetap dilanjut…
Sekitar 5 menitan,bisa nembus ke daftar kereta yang bisa dipesan…dan astaganagabintangempatdragonball…sebagian besar tiket sudah habis dipesan,padahal baru berapa menit dibuka,itupun saya yakin susah sekali untuk masuk,kok bisa habis ya..Gila!

kereta api access

Tampilan via aplikasi kereta api access

Dan konyolnya,sudah begitu saya balik ke awal karena ragu tadi pesan buat berapa orang..kalau satu orang juga percuma kan.

Balik lagi deh perjuangan dari awal..Dan akhirnya nembus lagi setelah satu jam berikutnya,itupun kereta terakhir,cuma tersisa 42 kursi.Klik pesan dua orang,nah pas habis ngisi form buat orang kedua ini,kok ternyata juga sempat error pas mengirim dan loading yang sangat lama..
Setelah tidak sabar,coba cek deh ke situsnya lagi..Dan,masya Alloh,42 kursi tadi juga sudah habis gan..hiks…

Gagal deh…

-setelah putus asa,coba nyari-nyari lewat twitter ,eh nemu kalau di tokopedia ada promo tiket lebaran juga.Coba bikin akun,pencet sana-sini,sudah tembus ke daftar kereta api ,lhadalah,kok pas nyoba klik pesan,sistem browsernya tidak merespon…hiks..gagal maning..gagal maning…

tiket kereta lebaran tokopedia

Promo tiket kereta lebaran Tokopedia

Faedah atau pelajaran dari kejadian ini:

1.rencanakan perjalanan mudik anda apalagi jika memilih moda kereta api ini dengan seksama,dari awal perkiraan hari terakhir kerja/awal cuti lebaran
2.jika ragu akan keberhasilan berburu tiket,lebih baik percayakan kepada agen perjalanan yang lebih terpercaya dan berpengalaman
3.siapkan peralatan tempur yang memadai,apalagi jika berburu hari keberangkatan yang merupakan puncak dari mudik.siapkan koneksi yang luar biasa cepat,4G LTE lah..
4.siapkan kartu identitas yang dibutuhkan di dekat anda melakukan proses registrasi,biar ga ribet..maklum konsep siapa cepat dia dapat..akan lebih baik jika satu aplikasi buat satu orang..meski sangat tidak memungkinkan buat keluarga atau rombongan minimal dua orang..
5.cari tempat keberangkatan lain,jangan terpatok pada jakarta..coba lewat Bandung misalnya..

Semoga bisa menambah pengetahuan buat anda yang mau berburu tiket.Mungkin ga semua kuota tiket langsung dihabiskan juga deh buat 90 hari pertama ini.Mengingat harganya yang terlalu murah buat mudik.

Selamat berburu.
Wassalamualaykum wr.wb.

Posted from WordPress for Windows