Arsip Kategori: umum

Honda CB 150 R Exmotion,Sang Pengaduk Perasaan Penggemar Honda Tiger ?!

Honda Tiger versi thailand CB 150 R exmotion
Bagaimana perasaan sampeyan jika mimpi yang dibangun sejak dahulu kala,tiba-tiba saja terkabulkan?Bersorak,sujud syukur,bikin kondangan,mengundang Via Vallen dan Nella Kharisma…?!Sepertinya jangan dulu lah..sebabnya mimpi itu hadir di waktu dan tempat yang salah.Mimpi apakah tersebut?Yup,lahirnya kembali sang legenda permotoran,Honda Tiger!

Eh,tunggu dulu deh.Ini bukan Honda Tiger,tapi Honda CB 150 R Exmotion .Sebuah varietas terbaru yang lahir dari bibit unggul buatan AP Honda Thailand.Seperti yang sudah-sudah,tidak cuma jambu bangkok atau ayam bangkok,salah satu produk unggulan otomotif yang disukai orang Indonesia juga yang ada rasa Thailandnya.Jika dulu ada Honda berasap macam Honda NSR 150 series,Honda Nova Dash terus dilanjutkan oleh generasi mesin Honda CBR 150 dan Honda Sonic,kini muncul varian motor sport naked standard Honda CB 150 R Exmotion.Ya,sebenarnya sih basisnya sama dengan yang ada di sini duluan,tapi yah,di sono munculnya versi advance terbarukan.Jadinya,bukan mirip Honda CB 150 R Street fire buatan AHM,eh malah jadi seperti Honda Tiger yang lama,yang telah dibunuh pabrikan..Bukan Tiger biasa,bahkan seperti Honda Tiger yang dimodifikasi ala-ala tekekmeong atau motoblast dengan berbagai part copotan motor gedhe.

honda cb150rtigerreborn

Mari kita lihat spesifikasi berdasarkan pandangan mata saja ya..Sejauh mana motor ini bisa mengaduk perasaan penggemar Honda Tiger .

1.Lampu bulat,full LED..saya rasa ini berawal dari Honda MSX 125 terus diatur sedemikian rupa biar klop .Rasa klasik hadir,seiring keberanian Honda menyingkirkan lampu non-bulat sejak era Honda Nova 125 menyerang..

2.Monoshock belakang plus Shocbreaker Up Side Down alias mo del terbalik,plus perangkat rem yang rasanya moge sangat..Masih ingat modifikasi Honda Tiger di era Motor Plus tahun 2000-an?Yang harga limbah mogenya seharga motor itu?

3.Tangki bensin,shroud yang ehm….Honda Tiger deh.Apa desainernya ini juga yang bikin desain Tiger juga ya?Meskipun tampaknya bukan full plat besi,tapi dari semacam kondom plastik.Yang katanya ala moge gitu ya?Meski disini bisa dibilang melu-melu Yamaha Byson.Selamat buat orang Thailand,resiko tangki bocor anda berkurang 75%.

4.Rangka teralis plus lengan ayun model-model pisang kepok.Benar-benar membuat nangis darah deh buat yang dulu punya Honda Tiger terus dibela-belain nambah rangka teralis dan ganti lengan ayun buat bisa dibilang ‘mirip’ Ducati Monster…indahnya kenangan…

5.Buntut model minor fighter (kalau ga salah).Model pendek agak buntung,tapi ga se-extreme pabrikan sebelah dengan Xabre-nya

6.Satu-satunya hal minor dengan berbagai kelebihannya : mesin satu silinder 150 cc.Okelah,ada radiatornya,ada DOHC-nya (yang dulu juga diidamkan para jamaah Tigeriyah).Tapi ya kelihatan kecil di segala kebesarannya,kelihatan agak melompong.Meski didukung model exhaust ala underbelly muffler (di bawah blok mesin),bisa bikin orang sini bosan.Masih ingat generasi mesin legendaris GL yang gitu-gitu doang selama beberapa dasawarsa?xixixi…
tigerversithailand
Terus,apa kesimpulannya?

Kalau mau dirilis,sebaiknya motor ini diganti namanya jadi Honda Tiger sajalah.Hitung-hitung buat nostalgila.Biar entar di belakangnya ditambahi boks model mejikom..Terus dipakai jalan-jalan kemana gitu,meski jalanan sekarang sudah pada macet ga seperti 10 tahun yang lampau.Cuman kalau boleh usul,itu mesinnya diganti sama punyanya Honda CBR 250 terbaru yang doublepiston.Apalagi pernah baca di blognya pak Taufik yang bilang rangkanya tralis mirip sama Honda CBR 250 RR.

Coba direnungkan,dengan enjin dua silinder,terus pakai knalpot double muffler gitu…

Hmmm,mirip Ducati Monster (lagi!)…

Pict : motorival.com , fb honda cb150r thailand

Iklan

Mimpi Kesepuluh “The Doctor” Yang Takkan Terwujud ?!

image
Para penggemar Valentino Rossi kini harap-harap cemas.Legenda hidup MotoGP kelahiran Urbino,Italia tersebut baru-baru ini dikabarkan cidera parah saat berlatih dengan motor enduro di ranch pribadinya.Patah kaki!

image
Agak ironis memang.Minggu lalu,Vale baru saja merayakan rekor fantastis,balapan ke-300 di kelas utama.Di Silverstone,Inggris doi sukses podium ketiga meski sejak awal memimpin perlombaan.Seri selanjutnya,di minggu depan akan berlangsung di Misano.Bukannya untung karena berlaga di kandang sendiri,eh The Doctor malah “buntung” sebab harus absen akibat cidera tersebut.Sungguh disayangkan,mengingat Vale masih butuh banyak poin buat mengejar ketertinggalannya dengan sang pemimpin klasemen,Andrea Dovizioso.

image
Nampaknya,dengan cideranya ini Rossi bakalan gagal kembali meraih titel juara dunia musim ini.Betapa tidak,dengan selisih 26 poin dari Dovizioso,bakalan semakin bertambah lagi bila harus absen minimal 2 seri jika dihitung masa penyembuhan sekitar 30-40 hari.Apalagi persaingan meraih gelar diperebutkan oleh 3 orang lain selain dirinya.Marc Marquez,Maverick Vinales yang berada di atasnya cuma berselisih 7 poin saja keduanya.Ditambah dengan Johan Zarco yang bisa mengejutkan secara tiba-tiba,bisa saja Rossi malah terlempar dari lima besar.

image

Sinyal-sinyal “keputusasaan” The Doctor sendiri sebenarnya sudah terasa sebelum race Silverstone kemarin.Sempat bilang melepas kans juara dunia,karena susah buat meraih juara seri karena penampilan Yamaha yang kurang kompetitif.Namun setelah Marquez ngglasar,sedikit muncul optimis darinya.Eh, saat mengisi jeda seri,dengan hobinya berlatih trail enduro malah mencelakakan diri sendiri.Hal ini semakin menegaskan ketidakmampuannya meraih gelar diantara gempuran-gempuran darah muda yang setiap tahunnya bertambah.Jika dulu selepas era Sete Gibernau atau Max Biaggi muncul Casey Stoner,sekarang ditambah Maverick Vinales dan Johan Zarco melengkapi duo maut Jorge Lorenzo-Marc Marquez yang konsisten merecokinya di beberapa musim terakhir.Belum lagi dengan Andrea Dovizioso yang tidak diunggulkan namun semakin nyetel dengan Ducati-si monster yang mengerikan dari Bologna.

image
La Decima,begitu saat Real Madrid sukses meraih gelar kesepuluh di ajang Liga Champions Eropa.Namun bagi Valentino Rossi,hmmm,bisa dibilang hampir mirip agen Ethan Hunt beraksi di Mission Impossible deh..Bukan rahasia lagi,fisiknya yang semakin melemah seiring usia tentu juga berpengaruh terhadap karirnya.Meski saya yakin masih bisa fight buat sekedar podium-tentunya hal yang masih sangat luar biasa baginya- namun konsistensi yang tidak stabil di setiap seri dengan minimnya dominasi,bakalan susah buat mengejar gelar.

Lalu apa yang harus dilakukan Rossi?Dengar-dengar sih,simbah mau nekat bertarung pasca operasi kakinya selesai..Namun kok malah bikin ketar-ketir juga ya..Apa mau mencoba seperti Mick Doohan yang dulu juga nekat seperti itu?Meski bukan pilihan yang bijak,dengan kontrak tersisa satu musim lagi,hal yang paling krusial tentunya ya sembari bertarung selepas cidera ini tanpa menambah resiko bertarung mati-matian memperebutkan podium,Rossi harus lebih menganalisa kemampuan Yamaha agar bisa semakin bertaji di musim depan.

Berjuanglah mbah Rossi..Go!Go!Go!

Semoga lekas sembuh ya..

Belajar Menghargai Foto Karya Orang Lain dari Pramac Racing

Assalamualaikum warohmatullohi wa barokaatuh.

image

Pemakaian gambar,dalam sebuah artikel blog tentunya adalah sebuah kewajaran.Hampir mendekati wajib hukumnya malahan.Selain buat mempercantik tampilan,fungsi gambar adalah untuk mempermudah penyampaian informasi terkait apa yang ditulis dalam artikel tersebut.Apalagi jika gambar itu tak cuma ilustrasi,atau sekedar foto pendukung semata,namun sudah menginformasikan beberapa data-data seperti tabel,diagram atau grafik yang menginformasikan apa yang susah dijelaskan lewat tulisan.

Pada suatu ketika,saya menemukan hal unik di twitter.Adalah akun @MotofamilyGP yang disemprot,eh ditegur oleh akun @pramacracing ( akun resmi dari Pramac Racing MotoGP ).Penyebabnya,gambar yang diunggah oleh akun @MotofamilyGP itu ternyata tidak disertai credit ( keterangan ) yang menunjukkan pemilik foto aslinya.Terlebih lagi pihak @MotofamilyGP juga mencolek pembalap yang bernaung di tim Pramac Racing,Daniel Petrucci lewat akunnya @Petrux9 (hehehe,lucu juga ya nama akunnya malah mirip nama tokoh punakawan berhidung mancung yang sering buat ejek-ejekan : Petruk :mrgreen: ).Langsung saja ditegur deh,supaya mencantumkan keterangan bahwa foto tersebut hasil karya dari Alex Farinelli dari falephoto.com dan kepunyaan dari Pramac Racing Team.Mungkin mas Alex tersebut adalah fotografer resmi yang direkrut tim Pramac Racing MotoGP sebagai bagian dari tim dokumentasi (asal nebak ajah ).

image

saat sebuah akun ” t e r c y d u k” oleh yang punya

Sebenarnya pihak @MotofamilyGP juga tidak begitu salah sih (menurut saya,suyektif).Dalam diskusinya,mereka mengaku mendapatkan foto tersebut dari berselancar di internet.Tanpa ada informasi soal pemilik dan pembuat sebelumnya.Jadi istilahnya ya download ,terus dikira-kira menarik langsung diunggah lagi…ya,seperti saya lah,wkwkwk..Pokoknya yang kira-kira fotonya mantab jiwa langsung deh di-sharing tanpa disaring dulu…

Rupanya,pihak Pramac Racing sendiri,juga menulis peringatan yang serupa soal penggunaan foto property ( hak milik ) mereka kepada setiap situs jejaring / situs web,akun TW ( apa ya ini?Twitter kah? ) dan instagram yang mereka temukan.Sehingga bukan hanya akun yang satu itu saja,benar-benar bekerja akhirnya divisi komunikasi mereka,xixixi.Alasannya,mereka berusaha untuk menghindari pemakaian watermark (tanda air ) yang biasa dipakai dipakai untuk menandai suatu gambar agar tidak diklaim sebagai kepunyaan orang lain.Biasanya hal ini buat yang utama sih,untuk keperluan ekonomi dan faktor hukum jika digunakan pihak tidak bertanggungjawab.Pemakaian watermark apalagi yang gedhenya naudzubillah di tengah gambar,tentu saja merusak nilai keindahan gambar tersebut.Jadi ya,aslinya pihak Pramac Racing sudah berbaik hati,mereka cuma pesan agar menyertakan sumber darimana asalnya saja.
Menarik memang.Kejadian ini cukup menyadarkan saya soal etika di dunia maya.Meskipun tidak seekstrim beberapa orang yang sengaja menaruh watermark diatas gambar orang lain,atau meng- crop gambar orang lain pas di watermark asli ( lalu ditambahi watermark baru miliknya ).Akan tetapi sering sekali mengambil gambarnya orang lain terus diunggah…Semoga lekas sembuh sayanya….

image

Foto asli karya Alex Farinelli ( @FAlex79 / falephoto.com ) punya Pramac Racing Team MotoGP.Keren memang,menampilkan gambar udara yang dibiaskan oleh asap yang muncul dari Ducati milik Daniel Petrucci.

Beruntung kalau cuma ditegur.Lha misal kalau dituntut lewat pengadilan,kan bisa bertambah repot nantinya.

Semoga bermanfaat.

Wassalaamualaikum warohmatullohi wa barokaatuh.

Andrea Dovizioso di Octo Grand Prix of British 2017

Akhirnya gelaran kejuaraan dunia balap motor prototype MotoGP mulai menunjukkan geliat keseruannya pak,bu,pakdhe,budhe,kangmas dan mbakyu yang berbahagia.Tak lain dan tak bukan gara-gara Honda RC213v punya Marc Marques yang njebluk tanpa disangka-sangka di seri balap Grand Prix of British di sirkuit Silverstone,minggu kemarin.Tentu saja langsung berpengaruh kepada posisi klasemen sementara para pembalap.

image

Andrea Dovizioso,calon jawara baru Ducati

Yah,akhirnya muncul jugalah sang pahlawan baru pada ajang ini.Jika di awal seri ada Maverick Vinales yang mencuri perhatian setelah kepindahannya dari tim Suzuki ke Yamaha,lalu disusul dengan kembalinya Marc Marques yang menuju puncak klasemen,eh di beberapa seri terakhir malah pembalap Italia,Andrea Dovizioso yang sukses meraih juara seri Inggris-sekaligus merebut pucuk pimpinan pembalap..Berangkat dari row kedua,lalu empat ke posisi empat di belakang mbah Rossi,Maverick dan Marc.Pertarungan dengan Marc plus Vinales akhirnya dimenangkan,setelah Honda oranye meleduk mengeluarkan asap putih hingga akhirnya knock out,dan mas Maverick sempat menahan diri karena menggunakan ban slick type soft biar bisa finish di cuaca panas.Dan cukup mudah menelikung mbah Rossi yang mulai kehabisan ban akibat ngacir duluan dari awal lomba.Sayang,race ke-300 kalinya simbah tambah dinodai rekannya setelah disalip mas Maverick…Yang sabar ya mbah..kalau pensiun,jangan lupa mengajak mbah Wenger-nya Arsenal ya…

image

Luar biasa.Ducati yang mulai konsisten,seakan memberi harapan baru bagi Dovi.Musim ini (sampai seri Inggris) sudah empat kemenangan diraihnya.Terbanyak di antara pembalap top lain.Selain jarang ngglasar mencium aspal,plus rajin menabung poin,kenangan akan keperkasaan Casey Stoner mulai menggelayuti kubu tim merah putih tersebut.Nampaknya,tidak sia-sia juga membayar mahal Jorge Lorenzo buat membantu Dovizioso melejit..

Mungkinkah impian itu terwujud?
Jawabnya ada diujung langit,kita ke sana dengan seorang anak..Anak yang tangkas dan juga pemberani…..

Kita nantikan episode berikutnya,di San Marino.