Cara membuat irit honda CS 1…dijamin bikin mumet-ndhase deh…


Honda CS 1,selain dikenal aneh juga dikenal boros gan..Maklum,spek agak tinggi sih..tentunya bikin sampeyan ilfil buat yang baru nyoba memiliki xixixi..

Nah,saya punya pengalaman nih buat bikin Honda CS 1 ini ngirit.Tentunya hal ngirit ini sifatnya subyektif alias tidak bisa jadi patokan pasti.Menurut saya ngirit,belum tentu menurut anda ngirit juga.

Ceritanya begini,sebelum mudik lebaran kemarin salah satu ritual wajib adalah servis.Nah,tak disangka tak diduga pas di depan ahass kok terdengar suara bleb..kaya ban bocor,terus suara mesin jadi aneh…waduh apa pula ini..
Nah,setelah dilongok,jebulnya knalpot CS 1 ini bolong gan…lumayan guedhe lah…akhirnya setelah speak-speak sama mekaniknya,wah masih bisa dilas om..oke deh,akhirnya dilaslah itu leher knalpot..

Nah,singkat cerita,akhirnya tibalah saatnya buat mudik.Dan tahu sendiri kan,di lingkar luar karawang motor sudah tak mau gerak.Lihat indikator suhu kok sudah njengat banget nih mesin..(n.b habis diservis,suhu mesin bisa cepet banget naiknya,bisa 4 bar-5 bar…)..waduh,yah mau tak mau dipaksakanlah sambil berdoa semoga tidak macet pistonnya…

Nah,keanehan mulai terjadi gan..pas jalanan mulai lengang kok suhunya biasa-biasa saja..pernah berhenti sih,tapi kok beda gitu rasanya..dan yang lebih asik lagi kok rasa-rasanya bensinnya ga mau habis ya..tumben bangetlah..

Terakhir ngisi itu di sekitar semarang (lupa gan) dan nyampai Tempel masih belum habis,ada 2 setripan lah.Tentunya ini mengherankan,wong kondisinya buat boncengan 2 orang,kok bisa beda jauh sama dulu pas sendirian.

Nah,usut punya usut ternyata leher knalpot yang dulu bolong dan dilas,terlihat bolong lagi gan,tapi ga gedhe.Cuma sebesar 2-3mm lah kira-kira…asumsi saya sih itu karena tadi ga kuat kena panas pas macet..

Hmmm,apakah dengan diberi lubang kecil pada leher knalpot bisa menambah keiritan?entahlah..yang jelas ingatan saya langsung menuju Yamaha jupiter z karbu itu.Dimana knalpotnya juga ada lubang kecil di bawahnya..suaranya pun juga hampir sama,jadi sember..xixixi..

Secara teoritis mungkin begini,udara dari luar ikut terisap lewat lubang tadi.Sebagian terisap ke ruang bakar sehingga menambah reaksi pembakaran yang lebih sempurna…mungkin lho..

Ada yang mau coba?atau mau coba-coba,mungkin sedikit saja dilubangi.Satu titik atau 2 titik,tentunya yang mudah dijangkau alat las,biar lebih mudah diperbaiki lagi kalau gagal..

Untuk efeknya sih,yang jelas
1.suara jadi jelek
2.top speed berkurang
3.agak susah di start

Mau?xixixi..

“mugi² Gusti Alloh Ingkang Maha Kuwaos paring berkah pangastuti dumateng panjenengan sami sakaluarga”

Iklan

One thought on “Cara membuat irit honda CS 1…dijamin bikin mumet-ndhase deh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s